Senin, 07 Februari 2011

Etika Ber-social Network

Be Fun & Positive in Your Social Network......

Nowadays, akun social network yang kita punya itu sudah seperti refleksi dari diri kita di dunia nyata. Kalau kita suka mem-post kata-kata yang ga enak, suka mengeluh, ga sopan, meski hanya ungkapan hati sesaat, tentu orang lain akan menganggap kita ga menyenangkan....

BE POLITE. ANTI NULIS KATA KASAR
Memang sih, kalau ada yang ga suka sama status kita di FB kita bisa bilang "unfollow", atau remove aja. Terserah aku dong mau bikin status apa. "Hmm... tapiiii... kan akan lebih asyik kalau akun kita isinya menyenangkan buat kita dan masih tetap menyenangkan buat orang lain.
Don't:
  • Menyapa teman dengan julukan kasar. mungkin kata-kata kasar yang kita gunakan ini sudah dianggap biasa sama teman-teman dekat, tapi teman kita di FB kan bukan cuna orang dekat-dekat saja, malah ada orang yang kita kenal sama sekali. Menyapa pakai nama aslinya juga ga masalah kan??!!
  • Lagi kesal. Ngerasain kesal dikit, langsung deh posting kata-kata yang ga enak di baca. Well... kesal kan bukan berarti kita bisa ngomong seenaknya. Secantik atau seganteng apa pun profil picture kita, tapi kalau kata-kata di update status-nya ga pernah enak, ya orang lain pasti langsung males deh.
  • Lagi senang. Anehnya, ga cuma lagi kesal aja suka bikin status dengan kalimat kasar, kadang pas lagi senang juga seperti itu. Aduh.... kalimat yang menyenangkan bikin yang baca  status kita juga ikutan happy, kan.
  • Kebanyakan ngeluh. Seharian isi status kita itu ngeluhhhh terus, waahh.... capek juga teman-teman kita bacanya. It's oke kalau sesekali mengeluarkan uneg-uneg, tapiiii pakai kata-kata yang enak. Pastinya teman kita yang baca bukannya ikut kesal, malah jadi simpati sama kesulitan kita, hehehe..

DON'T JUDGE PEOPLE
  • Ngomongin teman. Kalau ga tahan pengen ngegosip, mending jangan di dunia maya, tapi face to face aja langsung sama teman-teman se-geng. Big no no deh, karena ini memicu berantem atau dilabrak, kan. Kita juga bisa diianggap biang gosip.
  • Meledek guru. Wow... ini paling ga boleh, ya. Meski ga saling temenan, bisa saja sampai ke mereka kan.
  • Nyebarin Aib. Tahu rahasia teman yang memalukan, trus dengan seenaknya kita tulis rahasia itu di FB yang dibaca sama teman-teman yang lain. Wah, kejadian ini bikin teman kita yang diomongin itu menjadi shock dan malu banget. Kita bakal dianggap jadi orang yang 'kejam' dan ga bisa jaga rahasia. 

NEVER TALK ABOUT RACISM 
  • Agama. Soal yang satu ini sensitif benget nih, karena sudah menyangkut urusan keyakinan. Bercanda soal ini di real life pun big no no apalagi di social network. Joke ringan sekalipun belum tentu di maklumi sebagai joke.
  • Suku dan Ras. Apalagi kalau sampai jadi ngomongin fisik, atau kebiasaan orang lain yang kita kaitkan sama suku dan ras mereka, jangan pernah ya. Yang ada kita bisa dapet komen pedas dari mana-mana, dan kita harus bikin permintaaan maaf.
  • Status sosial. Sama seperti di real life, kalau keseringan ngomongin bisa beli barang ini itu yang kesannya jadi pamer ya bakal terkesan sombong. Jadi lebih wise ya sebelum posting cerita ini itu, jangan sampai kita terkesan sok pamer.
Sumber: AnekaYess magezine

0 komentar:

Posting Komentar